Kemasan Produk
Cara Jitu Membuat Kemasan Makanan Menarik

Cara Jitu Membuat Kemasan Makanan Menarik

Kemasan produk merupakan salah satu hal yang paling awal terlihat oleh konsumen, dan selanjutnya akan menentukan ketertarikan konsumen untuk membeli produk. Dengan sendirinya, produk yang kurang dikemas dengan baik tentu menjadi kurang dilirik konsumen. Karena kemasan yang cantik dan mendukung produk akan berfungsi sebagai icon yang bisa membuat pelanggan selalu ingat dengan produk yang dijual.

Kemasan produk di sektor industri menduduki peranan terpenting dalam pendistribusian dan pemasaran hasil produksi. Begitu juga pada industri makanan ringan, kemasan produk tidak hanya bermanfaat sebagai wadah atau pelindung tetapi juga mempermudah proses distribusi serta memberi kenyamanan kepada konsumen. Di sanalah nilai efisiensi kemasan produk yang bisa didapatkan.

Dalam kesempatan ini Asiabaru akan memberikan 6 tips jitu yang akan membuat kemasan produk makanan Anda menjadi menarik, antara lain :

1. Kreatif dan Eegonomis

Desain kemasan makanan harus inovatif dan kreatif, serta mempermudah konsumen saat membawa dan mengkonsumsinya karena saat ini para konsumen lebih mengutamakan nilai kepraktisannya.

2. Warna dan Ciri Khas

Penggunaan warna yang cerah dan menarik pada kemasan produk akan membuat kemasan terlihat lebih menonjol dari sisi pewarnaan. Efek mengkilat yang dihasilkan dari warna kemasan itulah yang akan lebih memberi kesan mewah dan bermutu pada kemasan produk. Untuk lebih menarik konsumen, sebaiknya pilih kemasan yang berbeda dan unik. Jika perlu, jadikan kemasan produk menjadi salah satu ciri khas dari produk yang dijual. Bentuk kemasan yang unik dan berbeda bisa membuat pelanggan jadi selalu ingat, bahkan menjadikan produk tersebut ikon dari produk sejenisnya.

3. Informatif

Informasi yang singkat dan jelas tentang produk yang ada didalam kemasan produk. Informasi yang dicantumkan mengenai petunjuk penggunaan dan manfaat produk. Selain itu, penting juga bagi pelaku bisnis makanan ringan untuk mencantumkan data legalitas dari lembaga pemerintahan yang berwenang. Misal untuk bisnis makanan ringan maka badan yang terkait diantaranya adalah Dinas Kesehatan atau Badan Pengawas Obat dan Makanan.

 

  1. Ukuran 

Sesuaikan ukuran kemasan dengan ukuran produk yang dijual. Hindari kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil agar produk tak rusak, dan sesuaikan juga dengan kebutuhan konsumen.

5. Special pack 
Tak lengkap rasanya menjual produk dengan kemasan yang menarik tanpa memberikan promosi apapun. Cobalah untuk jeli melihat keadaan dan momen acara besar yang sedang terjadi. Misalnya saat momen hari raya, tak ada salahnya untuk memberikan special pack dengan warna, desain, sampai penawaran promo yang menarik

6. Penyesuaian Target

Nilai dari jenis kemasan produk yang tampilannya dibuat mewah, terkadang memiliki harga pembuatan yang tinggi pula sehingga dapat memberatkan harga beli konsumen. Untuk itu, sebelum membuat kemasan produk perlu mempertimbangkan target konsumen yang akan dibidik. Jika target konsumen adalah kelas menengah ke bawah, maka akan sulit untuk bersaing. Lain halnya ketika konsumen yang akan dibidik adalah kelas menengah ke atas, maka kemasan produk yang mewah dengan harga produk yang tinggi tidak akan menjadi penghalang untuk bersaing di pasaran.

sumber : http://www.asiabaru.com/cara-jitu-membuat-kemasan-makanan-menarik/





Kemasan Produk Lainnya
Cara Membuat Proposal Usaha Makanan
Cara Membuat Proposal Usaha Makanan
Minggu, 08 Desember 2019 18:54 WIB
Perencanaan yang harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis idealnya adalah membuat proposal usaha. simak
11 Cara Pengelolaan Karyawan pada Bisnis UMKM.
11 Cara Pengelolaan Karyawan pada Bisnis UMKM.
Minggu, 08 Desember 2019 19:13 WIB
Berikut Trik Jitu Pengusaha Cerdas Mengelola Karyawan yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha UKM.
Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha bagi Wirausaha Pemula (WP)
Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha bagi Wirausaha Pemula (WP)
Minggu, 08 Desember 2019 18:23 WIB
Ada lho program pemerintah untuk wirausaha pemula (WP) untuk menumbuhkan dan penciptaan lapangan pekerjaan.. simak