Profile
Sambutan Ketua



Teddy Sonjaya Ketua BDC PangandaranAssalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi kita semua
Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas perkenan-Nya kita dapat hadir di tempat ini dalam kebersamaan untuk mengikuti acara Pelatihan Pengelolaan BDC Kabupaten Pangandaran dan Kota Tasikmalaya yang dilaksanakan selama 5 (lima) mulai 24 – 28 Februari 2016.
Pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka menjalin kolaborasi sinergis antara usaha produktif  yang dikembangkan masyarakat dengan program produk unggulan dari Pemerintah Kota/Kab.
 
Bapak, Ibu dan Saudara Sekalian yang saya hormati,
Menyadari bahwa upaya menyiapkan Pengelolaan BDC yang menghadirkan kontribusi signifikan dari pelaku  usaha produktif melalui KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat), kegiatan penguatan kapasitas atau pelatihan merupakan kegiatan yang sangat penting dan strategis dalam kegiatan Pilot BDC.
Penguatan kapasitas ini dilakukan baik di level konsultan yang terdiri dari Tenaga Ahli OC dan Korkot (sebagai pendamping BDC) maupun di level BDC yang terdiri dari Komite dan Pengelola BDC.
 
 
 Bapak, Ibu dan Saudara Sekalian yang saya hormati,
Tujuan dari Pelatihan ini adalah agar peserta:

  1. Memperoleh pemahaman yang memadai tentang Konsep BDC dan Mekanisme Pelaksanaan BDC.
  2. Mampu merumuskan cita-cita BDC
  3. Mampu merumuskan rencana usaha dan rencana kegiatan Pengelola BDC
  4. Memahami strategi pengelolaan BDC
 
Adapun keluaran yang diharapkan dar Pelatihan ini adalah:
 
  1. Adanya peserta yang memiliki pemahaman memadai Konsep BDC dan Mekanisme Pelaksanaan BDC.
  2. Adanya Rumusan Visi, Misi, Tatakelola dan Tatalaksana BDC sebagai bahan awal penyusunan AD/ART BDC
  3. Terumuskannya Rencana Usaha dan Rencana Kegiatan BDC selama 1 (satu) tahun
  4. Adanya peserta yang memiliki pemahaman memadai strategi pengelolaan BDC
 
Bapak, Ibu dan Saudara Sekalian yang saya hormati,
Pelaksanaan Pelatihan ini merupakan langkah awal dalam membangun kesepahaman pelaku pengembangan produk unggulan daerah di Kabupaten Pangandaran maupun Kota Tasikmalaya yang direpresentasikan dalam sebuah wadah yang disebut Komite BDC.
Tahap berikutnya; Sosialisasi Business Planatau Rencana Usaha yang merupakan salah satu hasil  yang dicapai dalam pelatihan yang kita laksanakan dipandang perlu di sosialisasikan kepada Pemerintah Kabupaten Pangandaran dan kelompok masyarakat miskin sebagai sasaran pilot BDC yang insya alloh akan kami laksanakan pada tanggal 9 Maret 2016.
 
Selanjutnya, sebagai akhir dari penyiapan kami dalam pengelolaan BDC di masing-masing Kota dan Kabupaten dalam rangka memohon arahan sekaligus restu kepada Kepala Daerah agar tujuan pilot BDC dapat tercapai sesuai tujuan program dan kebijakan daerah, kami kemas dalam acara pelantikan Komite BDC yang mudah-mudahan dapat terealisasi pada tanggal 10 Maret 2016.
 
Bapak, Ibu dan Saudara Sekalian yang saya hormati,
Peserta PelatihanPengelolaan BDC sejumlah 46 orang terdiri dari:
 
No UnsurKepesertaan Jumlah
  1. KabupatenPangandaran
1 Komite BDC KabupatenPangandaran 17 Orang
2 Pengelola BDC KabupatenPangandaran 3 Orang
3 Pemandu BDC KabupatenPangandaran 3 Orang
4 Tim Fasilitator 2 Orang
  1. Kota Tasikmalaya
1 Komite BDC Kota Tasikmalaya 17 Orang
2 Pengelola BDC Kota Tasikmalaya 3 Orang
3 Pemandu BDC Kota Tasikmalaya 3 Orang
Total 46 Orang
 
Bapak, Ibu dan Saudara Sekalian yang saya hormati,
Keterlibatan Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Pilot BDC diharapkan mampu mendorong tercapainya orientasi perencanaan strategis penanggulangan kemiskinan daerah, efektif dan optimal dalammeningkatkan penghidupan masyarakat dan penanganan kawasan kumuh perkotaan.
 
Pelatihan ini adalah agenda bersama antar semua stake holders yang difasilitasi oleh Pemda didampingi oleh OC 4 . Sebagai kegiatan bersama antara pihak konsultan dengan pemerintah tingkat kabupaten maka pembiayaan pelatihan menjadi tanggung jawab bersama (sharing) kedua belah pihak.
 
Bapak, Ibu dan Saudara Sekalian, yang saya hormati,

Pada kesempatan yang baik ini saya minta kepada seluruh anggota komite dan komponen pendukung kegiatan Pilot BDC di Kabupaten Pangandaran dan Kota tasikmalaya untuk dapat berkolaborasi, membantu bekerja dengan sungguh-sungguh serta penuh dedikasi mendampingi Pilot BDC sehingga masyarakat khususnya masyarakat miskin penerima manfaat dapat merasakan keberhasilan yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penciptaan pendapatan domestik bruto/pendapatan regional domestik bruto (PDB/PDRB).

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat dalam pelatihan ini. Mudah-mudahan apa yang telah dilakukan oleh Bapak/Ibu semua dicatat oleh allah swt. Sebagai amal baik dan mendapat imbalan yang setimpal. Amin YRA
 
Bapak, Ibu dan Saudara Sekalian,
Demikian sambutan panitia yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab.
Selanjutnya, kami mohon dengan hormat kepada Bapak Wakil Bupati untuk berkenan memberikan arahan sekaligus membuka secara resmi pelatihan pengelolaan.
TerimaKasih
Teddy Sonjaya