Berita Pemberdayaan Masyarakat
KECAP ASLI DARI PANGANDARAN BIKIN KETAGIHAN

KECAP ASLI DARI PANGANDARAN BIKIN KETAGIHAN

Gak ada kecap tanyanya hambar, itu mungkin yang sering kita dengar,  tapi bagaimana dengan kwalitas kecap itu sendiri ? tau gak di Pangandaran sudah berdiri Sejak 1952, oleh bpk H Ahmad dan Hj Onah  sekarang di kelola secara propesional oleh cucunya Bpk cecep dan keluarga tepatnya di desa Cibenda kecamatan Parigi Mungkin anda baru mendengarnya. Kecap Cap Jago sudah melawan jaman, kecap jago bisa bertahan dan berkembang berkat penggunaan bahan dasarnya sama dengan gula terbaik dari Pangandaran, dan perlu bapak ibu tau ternyata pabrik kecap terbesar mengambil gula terbaiknya dari pangandaran puluhan kontainer per minggu waw....

Nah Program Tanpa Kumuh PUPR Cipta Karya bidang Sosial Ekonomi bernama BDC (Business Development Center) dengan intens membina Kelompok Swadaya Masyarakat KSM khususnya di Pangandaran dengan memberikan Vocasional Pelatihan SDM, produksi yang sehat, pengemasan hingga pemasaran secara berkala sejak 2014.

Sekarang alhamdulillah sudah muncul Kecap terbaik juga dari Pangandaran dengan Merk Gayung Mas, dari desa Wonoharjo Pangandaran penasaran makanya cobain beli yah...

 

Hub email a,teddyart@gmail.com

 

Siapa yang tidak mengenal kecap? Ya, kecap merupakan salah satu jenis bahan makanan yang sering sekali digunakan sebagai bumbu dapur, yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kecap sendiri merupakan produk dari olahan kedelai hitam, yang dicampur dengan gula merah ataupun gula putih serta tambahan bahan – bahan lainnya, yang tentu saja akan membuat munculnya rasa manis dan juga khas dari kecap itu sendiri. Kecap berwarna hitam, dengan rasa yang sangat manis.

Kekentalan dari kecap sendiri berbeda – beda, tergantung dari pengrajin kecap ataupun pabrik kecap yang bersangkutan. Hal ini merupakan suatu keunikan, karena jenis atau merk kecap pada daerah tertentu, bisa saja berbeda dengan daerah lain dari segi rasa, kekentalan dan juga tekstur dari kecap itu sendiri. Kecap sebagai salah satu bumbu dapur yang sering kali digunakan oleh para juru masak dan juga ibu rumah tangga memilikk banyak sekali manfaat, baik deri segi utilitas dan juga segi kesehatan.

Apa saja manfaat kecap? Berikut ini adalah beberapa manfaat kecap :

1. Untuk menambah cita rasa masakan

Manfaat Kecap yang pertama adalah sebagai penambah cita rasa dari makanan. Bagi anda yang suka dengan cita rasa makanan yang memilikki rasa manis dan juga memilki kuah yang kental, maka kecap merupakan salah satu pilihan utama yang pastinya akan dapat anda andalkan dalam kebutuhan masakan anda sehari – hari. Ya, rasa manis dan juga kental yang dihasilkan oleh kecap sangat berguna bagi anda yang suka dengan rasa manis, dan akan menciptakan rasa yang khas untuk disantap, karena kecap merupakan salah satu bumbu dapur yang unik yang sering digunakan untuk memunculkan cita rasa khas Indonesia.

2. Memberikan rasa manis tanpa harus memberikan tambahan gula

Anda ingin mencoba makanan yang manis, namun anda khawatir dengan kandungan gulanya yang tinggi? Kalau begitu cobalah untuk menggunakan kecap pada masakan anda. Meskipun manis, namun kecap memiliki kadar gula putih yang sedikit, dan lebih banyak menggunakan gula merah yang jauh lebih baik penggunaannya dibandingkan denan gula putih biasa. Karena itu, bagi anda yang mengalami diabetes, kecap cukup aman untuk anda konsumsi, karena tidak berbahaya.

3. Dapat menjadi pewarna hitam pada makanan

Selain untuk bumbu dapur, kecap juga seringkali dimanfaatkan sebagai pemberi warna pada makanan. Salah satu makanan, seperti semur dan juga ikan bakar, seringkali membutuhkan peran kecap, agar dapat memberikan warna yang sempurna pada masakan. Selain itu, pemberian warna kecap yang hitam pekat juga dapat meningkatkan selera makan bagi konsumen.

4. Sebagai bahan sambal kecap

Anda pasti sudah sering mendengar istilah sambal kecap. Ya, sambal kecap merupakan istilah yang mengacu kepada pemanfaatan dari kecap sebagai teman makan. Biasanya makanan dicocol dengan sambal kecap, yang tediri dari cabai merah, bawang merah, dan juga cabai rawit. Rasanya yang unik, yaitu manis bercampur pedas merupakan salah satu daya tarik tersendiri dari sambal kecap yang sering dimanfaatkan untuk teman makan gorengan ini.

5. Kaya akan protein

Kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati yang sangat baik bagi tubuh. Begitu pula dengan kecap. Ya, kecap yang merupakan olahan dari kacang kedelai merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang bergizi, karena salah satunya adalah memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Kandungan protein ini tentu saja sangat baik bagi kesehatan tubuh, terutama bagi perkembangan sel dan jaringan tubuh, serta otot tubuh.

 

6. Memiliki kandungan zat besi

Selain protein, manfaat kecap berikutnya berasal dari kandungan zat besi yang ada pada kecap. Zat besi merupakan salah satu jenis zat yang juga diperlukan oleh tubuh kita. Zat besi sendiri sangat baik untuk membantu memperlancar peredaran darah kita, dan juga dapat membantu mencegah munculnya gejala anemia atau kekurangan darah, seperti tubuh yang menjadi lemas, mudah terserang penyakit, dan juga mudah merasa lemas dan juga lelah.

7. Kaya akan vitamin A

Selain kaya akan protein dan juga zat besi, manfaat kecap berikutnya adalah baik untuk kesehatan mata dan juga daya tahan tubuh. Mengapa? Karena kecap juga memiliki kandungan manfaat vitamin A yang sangat baik untuk tubuh kita. Vitamin A yang terdapat pada kecap akan sangat bermanfaat terutama bagi kesehatan mata kita, dan juga untuk kepentingan indera penglihatan kita.

 

8. Dapat menurunkan kolestrol

Ternyata, manfaat kecap lainnya adalah mampu untuk membantu menurunkan kolestrol. Ya, jadi bagi anda yang sering merasa khawatir dengan kadar kolestrol, terutama kolestrol jahat di dalam tubuh anda, maka cobalah untuk rajin menambahkan kecap ke dalam menu makanan sehari-hari anda, karena ternyata, kecap mampu untuk membantu menjaga dan juga menurunkan kadar kolestrol anda apabila terlalu tinggi.

9. Baik untuk melancarkan pencernaan tubuh

Sebagai salah satu bahan yang dibuat dari hasil pengolahan biji bijian, maka sudah pasti kecap juga memiliki kandungan serat. Dengan adanya kandungan serat ini, maka manfaat kecap berikutnya yang juga baik untuk tubuh kita adalah dapat membantu melancarkan pencernaan kita. Dengan begitu, maka anda dapat terhindar dari beragam masalah pencernaan, seperti sembelit, sulit buang air besar, dan perut yang terasa kembung ataupun mual.

10. Menetralisir rasa pedas pada sambal atau makanan tertentu

Anda ingin mengkonsumsi sambal, namun anda merupakan salah satu tipe orang yang tidak suka makan makanan pedas? Kalau begitu, kecap adalah solusi tepat. Kecap dapat membantu menetralisir rasa pedas, caranya adalah dengan mencampurkan kecap ke dalam sambal yang akan anda makan. Dengan demikian, rasa pedas akan berkurang karena adanya tambahan rasa manis yang dihasilkan oleh kecap.

Itulah beberapa manfaat kecap bagi kita. Semoga artikel mengenai manfaat kecap ini sangat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan anda, terutama dari segi manfaat kesehatan yang dapat ditimbulkan dari penggunaan kecap. 

Sumber manfaat.co.id





Berita Pemberdayaan Masyarakat Lainnya
Bank Indonesia Tasikmalaya Jajaki Potensi Kopi Robusta Pangandaran
Bank Indonesia Tasikmalaya Jajaki Potensi Kopi Robusta Pangandaran
Jum'at, 29 November 2019 11:33 WIB
Kita sangat optimis kopi robusta Pangandaran bisa jadi khas kopi Pangandaran. Ini bisa bersaing dengan kopi-kopi lain dari luar. Kopi Pangandaran memiliki suatu yang berbeda ciri khas yang sangat natural untuk para pecinta kopi, Berdasarkan info dari petani saat ini produktivitasnya mencapai rata-rata 2 kg/pohon/thn, yah target BI kisaran 4 kg/pohon/thn, adapun kalau lebih dari 4 kg, Alhamdulillah . Ujar Heru Saptaji
BDC Pangandaran Ekspos Vocasional Pelatihan Pengembangan UMKM Pangandaran
BDC Pangandaran Ekspos Vocasional Pelatihan Pengembangan UMKM Pangandaran
Sabtu, 23 November 2019 14:01 WIB
Pemerintah saat ini fokus untuk membangun imprastruktur dari daerah pinggiran termasuk daerah tertinggal sampai dengan penataan Pantai Perkotaan ” Tambahnya. Tugas BDC memberikan tambahan pelatihan di beberapa wilayah desa, kecamatan itu antara lain difokuskan pada pemberian pelatihan, keterampilan, peningkatan kapasitas Makanan dan Minuman, Kopi secara menyeluruh hulu ke hilir , ikan basah dan ikan kering dan komoditi kelapa.
PESTIVAL KOPI PANGANDARAN SEDIAKAN BERBAGAI KOPI JAWA BARAT
PESTIVAL KOPI PANGANDARAN SEDIAKAN BERBAGAI KOPI JAWA BARAT
Senin, 28 Oktober 2019 13:03 WIB
Kepala Kantor Perwakilan BI Tasikmalaya mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk mengenalkan kopi yang dimiliki wilayah Jabar, khususnya Kabupaten Pangandaran. Menurut dia, kopi jenis robusta dari Kabupaten Pangandaran memiliki kualitas yang tak kalah dari daerah lainnya. Karena itu, perlu upaya pembinaan kepada para pelaku usaha, khususnya petani untuk dapat menghasilkan kopi yang berkualitas. Selain itu juga pengenalan kopi Pangandaran kepada masyarakat. Ujar Heru Darmaji
Pameran Produk KSM dan UMKM Pangandaran kembali digelar di Alun-alun Pangandaran
Pameran Produk KSM dan UMKM Pangandaran kembali digelar di Alun-alun Pangandaran
Sabtu, 26 Oktober 2019 21:59 WIB
Peserta UMKM hasil penyaringan seperti kemarin yang langsung di kurasi oleh Pemda, Media dan dari BDC Pangandaran dari semua pelaku UMKM yang ada di Pangandaran dan pameran ini secara langsung juga dihadiri oleh Dinas Perindagkop dari provinsi,” ujarnya. Menurut Tedi, pelaku UMKM yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut, nantinya akan ada beberapa yang bisa diikutkan dalam pameran di tingkat Provinsi Jawa Barat.