Berita Pemberdayaan Masyarakat
MANFAAT KURASI UNTUK PRODUK UMKM

MANFAAT KURASI UNTUK PRODUK UMKM

Banyak permasalahan kualitas produk dan kemasan dari usaha skala UMKM di pasar, sehingga sangat perlu adanya tahapan kurasi dari pihak terkait terutama penggiat UMKM.
Banyak produk UMKM yang sudah bagus memiliki legalitas, tetapi tidak sedikit produk UMKM yang belum dilevel tersebut. Ujar ketua  International Council for Small Business (ICSB) Pangandaran, Teddy Sonjaya
 
Hal yang terjadi adalah pada produk pangan, karena produk pangan ini menguasai lebih 70% usaha skala UMKM. Untuk menjamin keamanan pangan bagi konsumen dan keberlangsungan usaha dari produsen sendiri, maka UMKM produsen perlu mendapatkan pembinaan dan kurasi produk, tujuanya adalah untuk mengecek kwalitas dan sekaligus kwalitas produk dan sekaligus solusi solusi peningkatan kualitas produk jika di butuhkan.
 
"Saya mudah mudahan masih tetap memberikan pendampingan agar kekurangan dari produk yang mereka hasilkan nantinya bisa memenuhi standarisasi retail modern, dan bisa mengikuti jejak UKM lain yang lebih dulu lolos," jelas dia
 
kurasi ini bertujuan agar kami mengetahui bagaimana proses produksi, bahan baku, product knowledge, kemasan hingga harga produk. Dengan begitu, keberadaan setiap produk bisa diketahui konsumen dan memenuhi standar layak konsumsi," kata Teddy
 
Menariknya, dalam kegiatan ini, Pemda, Pihak Perbangkan, Media tidak hanya sekadar menyeleksi atau memilih produk yang siap untuk masuk ke pasar global. "Kami juga mendukung dan melaksanakan berbagai program kegiatan yang mampu memperkuat peluang usaha mitra KUKM," kata Teddy
 International Council for Small Business (ICSB) Indonesia lanjut dia, banyak mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mendorong UKM memasuki pasar retail modern.
 
 
Dewan Kurator
Dr. Jacky Mussry –President ICSB Indonesia / Perwakilan ICSB Indonesia / MarkPlus, Inc.
Kurator Kota – Bank BRI Cabang setempat
Kurator Kota – Media Lokal
Kurator Kota – UKM Sukses DaerahKriteria UKM BRILIAN!
Aspek Profesionalitas, yang terdiri dari indikator, (Kesesuaian Kompetensi individu yang dimiliki dan jenis pekerjaan yang dilakukan) 10 %
Aspek Produktifitas, yang terdiri dari indikator, ( Efektifitas dan efesiensi) 20%
Aspek Kreatifitas, yang terdiri dari indikator, (Ide baru dan Penerapan Ide) 30%
Aspek Entrepreneurial, yang terdiri dari indikator (Pandai melihat Peluang , Berani mengambil Resiko, Dapat bekerjasama dengan Banyak Pihak) 40%Manfaat Mengikuti UKM BRILIAN!
Bagi UKM yang lolos Kurasi tahap awal berkesempatan untuk berpromosi saat acara Galang UKM Indonesia di kota anda dan berpeluang mendapatkan predikat “The Best Sales of The Day” dan “The Most Attractive Booth of The Day”
Mendapatkan Sertifikat Penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI dan ICSB Indonesia
UKM BRILIAN! Akan mendapatkan Pendampingan Sertifikasi Halal untuk UMKM dari Bank BRI*
*syarat dan ketentuan berlaku
Kesempatan berkembang lebih besar dengan para Investor & Private Equity.
Publikasi melalui media MarketeersKriteria Peserta
Owner/founder bisnis yang memiliki produk (Barang atau Jasa) yang sudah matang dan ingin di kurasi untuk bisa menjadi produk yang Global Standard.
Sudah mempunyai Brand.
Bukan Reseller.
Produk harus otentik dan original, bukan barang KW atau imitasi.
Usaha sudah beroperasi minimal 1 tahun.
Harus bertanggung jawab langsung dan penuh atas kinerja usaha bisnisnya selama ini dari dari ide, produksi hingga marketingnya.Yang Perlu Dipersiapkan
Wajib melakukan registrasi online melalui www.galangukm.com
Bagi yang lulus seleksi awal (Online Selection) akan di panggil datang di H-1 event Galang UKM Indonesia 2019 penyelenggaraan di kota tersebut.
Acara dilaksanakan tidak harus di venue event Galang UKM Indonesia 2019, bisa diselenggarakan di ruang rapat Dinas Koperasi UKM Daerah tersebut, Cafe atau meeting room yang disupport oleh ICSB Coordinator daerah tersebut, atau bisa diselenggarakan di ruang kampus wilayah tersebut bekerja sama dengan ICSB setempat.
Setiap UKM diberi waktu maksimal 10 menit untuk impress tim kurator. Waktu selama itu dipergunakan untuk beberapa hal: pertama, one minute Elevator Pitch, dan kedua, tanya jawab tim Dewan Kurator dengan UKM.
Harap dicatat: tidak ada slide presentasi yang dipergunakan pada saat Kurasi. Namun Anda Wajib membawa sample produk atau bahan promosi yang related ke usaha yang Anda jalankan.
Para UKM harus sebisa mungkin memberikan impresi yang baik kepada para Dewan Kurator bahwa Anda memang layak masuk UKM BRILIAN!One Minute Elevator Pitch
Bayangkan Anda sedang mendapatkan kesempatan sekali seumur hidup berada di dalam satu lift bersama calon investor (sebut saja Warren Buffett, Steve Jobs, Putera Sampoerna, Chairul Tanjung, atau pebisnis lain) untuk usaha Anda.
Anda diberikan waktu satu menit untuk menjabarkan usaha Anda dengan singkat namun padat kepadanya. Apa yang akan katakan kepada calon investor ini agar dia dapat terpukau dengan Anda?
Menyiapkan Jawaban
Setiap peserta harus mempersiapkan jawaban atas pertanyaan yang secara acak akan dipilih dan dilontarkan tim Dewan Kurator:
Bagaimana model bisnis Anda?
Apa yang unik dari bisnis Anda?
Apa filosofi Anda dalam menjalankan usaha?
Langkah pemasaran apa yang telah Anda lakukan secara kreatif?
Sebutkan 1 momen titik terendah dan 1 momen titik puncak pencapaian Anda sebagai wirausaha muda pemula hingga sekarang? Mengapa Anda merasa keduanya menjadi pelajaran berharga? Dan pelajaran apa yang Anda petik dari momen tersebut?
Sejauh mana Anda mengintegrasikan langkah pemasaran Anda secara offline dan online?
Anda baru saja mendapatkan uang investasi dari investor senilai Rp 500 juta berbentuk cash dan mentoring, apa saja yang akan Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda?
Anda mendapatkan kesempatan berharga diwawancara oleh media terkenal dari luar negeri, apa yang akan Anda ceritakan kepada mereka?
Dan pertanyaan lainnya, yang berkaitan dengan 4 Apek ( Aspek Profesionalitas, Aspek Produktivitas, Aspek Kreativitas, Aspek Kewirausahaan)Catatan :
Masing-masing UKM akan diberikan tiga pertanyaan. Masing-masing pertanyaan harus dijawab secara singkat namun padat.
Satu peserta akan tampil maksimal 7 menit
Dianjurkan untuk bawa hal-hal yang mendukung penilaian seperti foto-foto, produk, materi promo, dan hal-hal yang lain terkait dengan penerapan teknologi yang Anda jalankan di usaha Anda.
Tim Dewan Kurator Kota akan memberikan penilaian atas jawaban UKM.
Anda diperbolehkan untuk membawa bukti-bukti pendukung untuk verifikasi pernyataan Anda terhadap fakta-fakta yang ada. Misal, jika Anda bilang omset bisnis Anda Rp 10 juta per bulan, maka Anda bisa memberikan kepada tim Dewan Kurator Kota bukti pendukung (contohnya fotokopi rekening bank).
Nomor urut peserta akan diundi oleh tim Panitia di saat acara Kurasi. Setelah secara bergilir diuji di atas panggung oleh tim Dewan Kurator Kota, akan dilakukan pengundian untuk mengambil nomor urut bagi UKM selanjutnya, dan begitu pula seterusnya.
Pengumuman Kurasi akan dilakukan pada saat akhir acara Gebyar UKM di depan para tamu pejabat daerah, pengusaha lokal, marketing professional, dan kalangan lainnya.
Informasi lebih lanjut: www.galangukm.com 





Berita Pemberdayaan Masyarakat Lainnya
Kedai Kopi Anak muda Di Pangandaran Bikin Hapy
Kedai Kopi Anak muda Di Pangandaran Bikin Hapy
Minggu, 22 September 2019 09:53 WIB
Kedai Kopi bernama Litera kopi dan liberalis kopi tempat tersebut mengusung tema literasi dan mengkamanyekan brand-brand kopi lokal ujar Jeje Wiradinata Bupati Pangandaran pun sangat ekspresif mendukung berdirinya tempat seperti itu.
KADIN BERHARAP TUMBUH UMKM HANDAL YANG BISA MENDAMPINGI UKM BARU DI PANGANDARAN
KADIN BERHARAP TUMBUH UMKM HANDAL YANG BISA MENDAMPINGI UKM BARU DI PANGANDARAN
Senin, 27 Mei 2019 13:39 WIB
Kadin Pangandaran bekerja sama dengan BDC memcoba membangun komunikasi dengan pemerintah khususnya Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) sesuai program Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jawa Barat sangat serius mengupayakan UMKM naik kelas. Bimbingan Teknis (Bimtek) pun diberikan kepada para pendamping UMKM Juara sebagai upaya penyiapan SDM para pendamping UMKM dalam mengembangkan dan membantu pelaku usaha agar lebih meningkatkan kinerja usahanya
Bank Indonesia-Kadin Orbitkan Kopi dan gula semut Pangandaran
Bank Indonesia-Kadin Orbitkan Kopi dan gula semut Pangandaran
Rabu, 15 Mei 2019 12:51 WIB
“Kita juga akan dorong, Kopi Pangandaran dan produk Gula semut binaan Businis Devlopment Centre BDC Pangandaran bisa jadi salah satu menu hidngan di hotel-hotel yang ada di Kabuoaten Pangandaran,” ujar Teddy
KADIN PANGANDARAN ADAKAN SOSIALISASI HALAL BUAT UMKM
KADIN PANGANDARAN ADAKAN SOSIALISASI HALAL BUAT UMKM
Senin, 08 April 2019 12:59 WIB
"Perhatian terhadap UMKM bukan hanya tugas pemerintah, tetapi perusahaan besar BUMN dan swasta lainya. Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari kemudahan fasilitas kredit dengan bunga kredit yang rendah, serta dijadikan binaan atau anak angkat dan pemberian CSR untuk pembiayaan sertifikasi HALAL lainnya," ungkap Ketua Komite BDC juga selaku ketua Kadin Pangandaran Teddy Sonjaya.