Berita Pemberdayaan Masyarakat
Pembinaan UKM Via BDC Capai Rp2 Miliar

Pembinaan UKM Via BDC Capai Rp2 Miliar

Pemerintah Pusat telah menyalurkan dana APBN Rp2 miliar per kabupaten melalui program Bussiness Development Center (BDC). Program ini sebagai upaya untuk memberdayakan Usaha Kecil Menengah (UKM) agar dapat bersaing di pasar bebas dan meningkatkan taraf perekononian masyarakat menengah ke bawah.

Program BDC ini merupakan pilot project. Sehingga, baru diterapkan di 15 provinsi dan di lima kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasik, dan Kabupaten Garut.

“BDC ini dipimpin oleh seorang manager atau pengelola. Dia dikontrak selama satu tahun untuk menaungi dan membina UKM, melakukan pelatihan, serta membantu pemasaran dan promosi produk UKM,” kata Ketua Forum Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kabupaten Bogor, H.M. Hidayat, usai pelatihan BDC di Hotel Cipayung Asri, Megamendung, Kamis (17/12/2015).

Pelatihan selama dua hari ini diikuti Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dari 17 kecamatan se-Kabupaten Bogor Hasil survei oleh tim Feasibility Study (FS), produk UKM yang akan diberikan bantuan oleh BDC tahap pertama adalah UKM yang memproduksi makanan kripik talas, alas kaki, dan tas, sebagai produk unggulan di Kabupaten Bogor.

“Saya sangat mengapresiasi program BDC ini karena bisa meningkatkan kesejahteraan KSM atau UKM yang memiliki produk unggulan,” katanya. Halloapakabar.com.





Berita Pemberdayaan Masyarakat Lainnya