Berita Berita Pangandaran
GULA SEMUT / CRISTAL JADI OLEH OLEH WAJIB DARI PANGANDARAN

GULA SEMUT / CRISTAL JADI OLEH OLEH WAJIB DARI PANGANDARAN

Ada Gula ada Semut, pepatah itu sering kali anda mendengarnya, tapi bagaimana dengan Gula Semut? Mungkin anda baru mendengarnya. Gula semut adalah varian gula yang bahan dasarnya sama dengan gula merah tanpa Kimia pengawet, hanya saja melewati satu proses kembali untuk menjadi gula semut.

Gula semut dikembangkan oleh Program Tanpa Kumuh PUPR Cipta Karya bidang Ekonomi bernama BDC (Business Development Center) dengan membina Kelompok Swadaya Masyarakat KSM khususnya di Pangandaran, mulai dari cara memproduksi gula semut, pengemasan hingga pemasaran

Semua orang pasti ingin sehat bukan? Pasti jawabannya mengatakan iya. Begitu pun saya. Nah.. banyak cara orang yang berusaha menjaga kesehatannya, salah satunya adalah menjaga pola asupan makanan ke dalam tubuh. Dan yang menjadi perhatian utama dalam dunia kesehatan sekarang adalah bagaimana menjaga pola asupan kadar gula ke dalam tubuh.
Menyoal kandungan gula dalam tubuh, erat kaitannya dengan pola konsumsi dan kebiasaan masyarakat sekarang. Kebiasaan serba instan, minuman instan, makanan instan,  yang memiliki kandungan gula tinggi, bahkan repotnya gula yang dimasukkan ke dalam komposisi bukan dari jenis gula yang sehat. akibatnya banyak kasus kegemukan, akibat tubuh tidak bisa mencerna gula yang berlebihan.
Kelebihan gula dalam tubuh membuat kerja pankreas sangat berat dan menjadi rusak, maka muncullah penyakit diabetes yang menjadi salah satu penyakit sangat populer di era modern sekarang ini.
Pembatasan asupan gula tak sehat ke dalam tubuh dan memberikan asupan gula yang sehat yang mudah terurai dalam tubuh, akan membantu baiknya kesehatan kita.
Dan salah satu gula yang sehat adalah gula organik dari bahan gula kelapa atau aren, atau sering disebut dengan Gula Semut.
 
Gula Semut, keberadaannya baru populer akhir-akhir ini,  lain dengan gula putih yang begitu terkenal sejak lama di masyarakat.
Maka dari itu banyak masyarakat yang belum tahu dan masih bertanya – tanya tentang gula semut itu sendiri. Walaupun gula semut belum seterkenal dengan gula putih, tapi gula semut mempunyai kelebihan tersendiri dibanding gula putih, yaitu manfaat yang lebih dari gula semut itu sendiri.
Manfaat gula semut sangat banyak seiring naiknya tingkat kesadaran kita terhadap kesehatan, gula semut akan menanjak popularitasnya. Apalagi jika arah pasarnya dipertajam, pemanis yang berasal dari nira tanaman aren dan kelapa  ini bukan tak mungkin akan digunakan orang sebagai pemanis sehat secara masal.
Gula Semut sangat cocok untuk penambah cita rasa manis baik itu makanan, minuman, atau jamu herbal. Gula semut juga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, karena gula semut sangat dianjurkan bagi penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Penasaran dengan manfaat gula semut? Ingin tahu manfaat yang terkandung dalam gula semut bagi kesehatan? berikut ini adalah manfaat gula semut bagi kesehatan yang perlu anda ketahui.
Sejauh mana Gula Semut itu sehat dan menyehatkan, baiklah kita akan bedah kandungan Gula semut tersebut secara kandungan dan komposisinya.
Kandungan dan Manfaat Gula Semut
1. Mengandung Thiamin (Vitamin B1)
Berfungsi sebagai koenzim dalam metabolisme energi,
Memperkuat sistem syaraf dan otot,
Membantu tubuh membuat dan memakai protein. 
2. Riboflavin (Vitamin B2)
Membantu membentuk sel darah merah
Menghasilkan antibodi
Bersama enzim menghasilkan energi yang diperlukan oleh tubuh manusia
Bersama vitamin A memperbaiki selaput mukosa pada saluran pencernaan
Menghambat kerusakan sel pada saat proses produksi energi
Memperbaiki sistim kerja jaringan dan saluran pencernaan tubuh 
3. Nicotinic Acid (Vitamin B3)
Mencegah dan menghaluskan bekas jerawat,
Mencegah sembelit dan wasir. 
4. Pyridoksin (vitamin B6)
Metabolisme Protein dan Karbohidrat,
Membantu dalam produksi sel-sel darah merah,
Membantu sistem imunitas tubuh. 
5. Ascorbic Acid
Memiliki fungsi Antibiotik
Mencegah Rematik, Flu dan Ashma
Mencegah Kanker
Menciptakan sistem imunitas
Memperkokoh tulang dan sendi
Bersifat antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas. 
6. Kalsium
Melancarkan peredaran darah
Menormalkan Tekanan Darah
Menyeimbangkan tingkat keasaman darah
Mencegah Osteoporosis (keropos tulang)
Mencegah Penyakit Jantung dan menurunkan resiko Kanker Usus
Memulihkan gairah Sex yang menurun/ melemah 
7. Niacin
Berfungsi sebagai koenzim dalam metabolisme Glukosa, Lemak dan Alkohol
Membantu kesehatan kulit, sistem syaraf dan sistem pencernaan
Menurunkan kadar kolesterol LDL
Meningkatkan fungsi kerja otakSumber            : gulaarensemut.blogspot.com
Nah.. Sekarang anda  sudah tau kan apa itu gula semut? Gula semut adalah pemanis alami yang dibuat dari nira pohon kelapa, kemudian sari nira pohon kelapa tersebut dipanaskan untuk menghilangkan kandungan airnya. Setelah kering baru gula kelapa bisa dicetak menjadi gula kelapa block atau Gula semut. Sangat banyak kan, kandungan nutrisi pada gula semut?
Masih ragu dengan manfaat yang terkandung dalam gula semut bagi kesehatan? Sekarang waktunya anda beralih ke gula semut yang sudah terbukti memberikan manfaat yang luar biasa.
Dan bagi anda yang ingin berinvestasi dalam bisnis gula semut, prospeknya pun sangat cerah. mengingat sumber bahan baku sangat mudah dan melimpah, kemudian prosesnya pun sangat mudah. Untuk membuat gula semut hanya diperlukan alat-alat dapur untk sederhananya dan ada paket alat dan mesin pembuat gula semut yang bisa digunakan untuk skala UKM usaha kecil dan menengah.
Anda bisa mengolah gula semut sendiri dengan menggunakan mesin gula semut dari kelapa atau bisa juga dengan mesin gula semut nira. Sekian informasi tentang manfaat gula semut bagi kesehatan. Selamat mencoba.
 





Berita Berita Pangandaran Lainnya
Koperasi di Pangandaran Ekspor Produk Turunan Kelapa ke Jepang
Koperasi di Pangandaran Ekspor Produk Turunan Kelapa ke Jepang
Sabtu, 02 November 2019 07:22 WIB
Ketua KPMK Pangandaran, Yohan Wijaya Nurahmat mengatakan, ekpor produk turunan kelapa itu telah dilakukan koperasinya sejak 2016. Awalnya, ekspor hanya sekitar satu hingga dua kontainer per bulan. Namun, lama kelamaan ekspor cocopeatmeningkat, hingga saat ini mencapai 50 kontainer per tahun.
BI ADAKAN FESTIVAL KOPI PANGANDARAN
BI ADAKAN FESTIVAL KOPI PANGANDARAN
Jum'at, 25 Oktober 2019 22:32 WIB
Hadir Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata di dampingi H Adang Hadari Wakil Bupati Pangandaran sekaligus membuka acara festival kopi secara simbolis dengan menabuh kendang. mengatakan, hari jadi Kabupaten Pangandaran tahun ini terasa sangat istimewa dengan kehadiran festival kopi yang diinisiasi BI. Menurut dia, festival itu secara otomatis akan memberi dampak untuk wilayahnya.
Wajah Baru Pantai Pangandaran yang Cantik Kado Tahun Baru 2020
Wajah Baru Pantai Pangandaran yang Cantik Kado Tahun Baru 2020
Jum'at, 27 September 2019 11:48 WIB
"Ini hadiah buat warga Jabar dan wisatawan. Kalau tidak ada halangan, minggu kedua Desember selesai. Jadi tahun baruan yang biasanya padat, riweuh, ini akan punya suasana baru," ujar Ridwan kepada media di sela kunjungannya
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Pangandaran menggunakan pesawat milik SUSI maskapai PT ASI Pudjiastuti
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Pangandaran menggunakan pesawat milik SUSI maskapai PT ASI Pudjiastuti
Kamis, 26 September 2019 11:58 WIB
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, kedatangan Gubernur Jawa Barat ke Pangandaran untuk melaksanakan tugas menggelar Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah untuk Triwulan ke III dengan mengundang 27 kepala daerah di Jawa Barat yang kegiatannya dipusatkan di tempat obyek wisata Pangandaran.