Berita Berita Bisnis dan UKM
MANFAAT JUSE HONJE 'KECPMBARANG' BUAT KESEHATAN

MANFAAT JUSE HONJE 'KECPMBARANG' BUAT KESEHATAN

Honje Laka atau buah dari pohon kecombrang adalah buah khas dari Pangandaran, Honje Laka atau honje hutan (Etlingera hemisphaerica) juga bisa diolah menjadi olahan sirup, bedanya Honje Laka dengan honje biasa yaitu dari warnanya, honje laka berwarna merah tua atau Hiajau Cerah sedangkan honje biasa berwarna merah muda. Kecombrang, kantan atau honje (Etlingera elatior) adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran.
 
Nama lainnya adalah kincung (Medan), kincuang dan sambuang (Minangkabau) serta siantan (Malaya). Orang Thai menyebutnya daalaa. Di Bali disebut kecicang sedangkan batang mudanya disebut bongkot dan keduanya bisa dipakai sambal (sambel matah). Selain itu, Bunga Kecombrang bermanfaat bagi tubuh kita. Berikut kegunaannya: Meningkatkan Energi Sayur Bunga Kecombrang dapat memberikan energi bagi tubuh anda.
 
Dulu Para orang Tua mengobati Penyakit Campak Salah satu cara mengobati campak secara tradisional adalah menggunakan bunga kecombrang atau honje. Menghilangkan bau badan Bunga kecombrang mengandung beberapa zat penting yang mampu mengatasi bau keringat tak sedap, terutama disebabkan adanya minyak atsiri di dalamnya. Jadi, bahan alami ini dapat dimanfaatkan sebagai deodoran alami. Mengobati Anemia Penyakit kurang darah dapat disembuhkan dengan mengonsumsi bunga siantan dengan teratur.
 
 Melancarkan Sirkulasi Darah Menguatkan Tulang Sayur Honje baik dikonsumsi oleh anak-anak di usia pertumbuhan karena mengandung kalsium dan mineral. Dengan makan sayur ini secara rutin, dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis). Mengatasi Luka Baru Batang tanaman kecombrang memiliki sifat antimikroba yang efektif untuk mencegah infeksi pada luka. Caranya, tumbuk daun ini kemudian terapkan pada luka di kulit. Menguatkan Memori Dengan sering menambahkan daun honje ke dalam masakan anda, berguna untuk menjaga fungsi otak sehingga daya ingat akan meningkat. Menguatkan Gigi Kalsium dalam Kecombrang merupakan mineral penting yang diperlukan untuk pembentukan gigi yang kuat dan sehat.
 
Mencegah Dehidrasi Kekurang cairan dalam tubuh dapat dicegah dengan mengonsumsi sayur honje. Hal ini terkait kadar air dan mineral yang melimpah di dalamnya. Menurunkan Demam Bunga Kecombrang ternyata dapat digunakan untuk meredakan demam dan panas pada anak-anak
 
Honje Laka mempunyai beberapa manfaat dan khasiat diantaranya :
 
1.Menjaga dan meningkatkan stamina, kebugaran dan kesehatan.
2.Menurunkan kolesterol.
3.Menurunkan demam untuk semua usia.
4.Membersihkan lambung.
5.Membantu penyembuhan maag, diabetes, dan darah tinggi
6.Meningkatkan vitalitas.
7.Antioksidan tinggi bagi tubuh
8.Dan Banyak.Khasiat Lainnya
 
Proses pembuatan sirup honje ternyata sangat mudah dan praktis. Honje Laka cukup ditumbuk lalu direbus dan diberi pemanis gula (Usahakan Gula merah tanpa pengawet), tunggu hingga mendidih. Setelah dingin sirup honje siap dihidangkan atau dimasukan ke dalam botol kemasan setelah itu diberi lebel yang baik, Ujar Teddy Ketua Komite BDC Pangandaran.
 
Di Pangandaran dulu honje tidak ada harganya malah banyak di buang-buang, kalau pun ada yang jual paling harganya seribu duaribuan rupiah perkilonya, Semenjak sirup honje ini menjadi booming dan menjadi salah satu produk unggulan di Kabupaten Pangandaran, harga honje pun bisa mencapai 30 ribu perkilonya.
 
 





Berita Berita Bisnis dan UKM Lainnya
UMKM binaan BDC Pangandaran Belajar Produksi Kue berbahan baku Gula dari Cheef Zahakir Haris
UMKM binaan BDC Pangandaran Belajar Produksi Kue berbahan baku Gula dari Cheef Zahakir Haris
Senin, 18 Maret 2019 13:22 WIB
Sejumlah ibu-ibu dan Bapak bapak pelaku Usaha Kecil dari beberapa UMKM di Kabupaten Pangandaran tampak sangat antusias saat mengikuti Coacing Klinik di Rumah Kreatif Bersama BNI Kabupaten Pangandaran (11/04), acara yang menghadirkan Wakil Asosiasi Chef Bogor dan juga Dosen STP Bogor Zakhir Haris menyedot antusiasme peserta.
Banjar Belajar Pengolahan Gula Kelapa dan Aren ke Pangandaran
Banjar Belajar Pengolahan Gula Kelapa dan Aren ke Pangandaran
Senin, 27 Maret 2017 00:56 WIB
Kepala Bidang Perindustrian Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Banjar Neneng Widyastuti menyampaikan, maksud kedatangannya dan sejumlah staf adalah untuk menjajaki peluang kerjasama dengan Kabupaten Pangandaran. “Jadi kita ingin bekerja sama dan mengundang BDC Kabupaten Pangandaran untuk menjadi praktisi di Banjar untuk memberikan pelatihan, baik teori maupun praktek, khususnya pada IKM gula merah agar dibantu cara produksi yang baik dan pemasarannya,”kata Neneng di Kantor BDC Pangandaran
Gula Semut, dari Pangandaran Berharap tembus Eropa Secara Mandiri
Gula Semut, dari Pangandaran Berharap tembus Eropa Secara Mandiri
Rabu, 08 Maret 2017 01:48 WIB
BDC mulai berpikir untuk mendapatkan sertifikasi yang lebih tinggi untuk produk gula semut Pangandaran. Apakah itu SNI (Standar Nasional Indonesia), HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) untuk merek dagang, bahkan sertifikasi organik internasional. Dengan sertifikasi organik internasional yang penilaiannya sangat detail dan bisa menghabiskan waktu sampai 1,5 tahun itu, proses ekspor bahkan bisa dilakukan secara mandiri dari Pangandaran.
BDC Kota Bandung Ajak Kerja Sama Pemasaran Produk dengan BDC Kab.Pangandaran
BDC Kota Bandung Ajak Kerja Sama Pemasaran Produk dengan BDC Kab.Pangandaran
Jum'at, 30 Desember 2016 00:23 WIB
Dalam kesempatan tersebut Iwan Muhamd Ridwan,Ketua DPRD Kab Pangandaran berharap capaian yang sekarang di dapat oleh Bussines Development Centre Kab Pangandaran bisa membawa nilai yang positif untuk Perkembangan ekonomi Usaha kecil di Pangandaran khususnya penciptaan peluang Usaha Baru