Berita Berita Bisnis dan UKM
BDC PANGANDARAN ADAKAN PELATIHAN UNTUK PENINGKATAN NILAI PRODUK UMKM

BDC PANGANDARAN ADAKAN PELATIHAN UNTUK PENINGKATAN NILAI PRODUK UMKM

Kontribusi UMKM usaha kecil dan menengah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dalam keadaan krisis ekonomi tahun 1995 tetap bertahan bahkan perkembangannya dari tahun ke tahun terus meningkat, pada tahun 2006 sektor ini secara keseluruhan menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) sebanyak Rp.1.778.745,7 Miliar dari Rp.1.491.061,9 Miliar pada tahun 2005. yang dihasilkan oleh 48.929.636 UKM yang tersebar di seluruh indonesia (data: Departemen Koperasi dan UKM).
Perkembangan UKM sangat dipengaruhi oleh kondisi makro-ekonomi dan sektor riil. Saat ini makro-ekonomi Indonesia telah membaik. Namun, yang lebih penting adalah kondisi sektor riil wilayah dan juga Pemerintah Daerah. Selain itu, sektor yang berhubungan dengan UKM adalah  sektor pariwisata. Semakin baik kondisi perkembangan wilayah dari segi keamanan dan kenyamanan wilayah sangatlah mendukung Beberapa komoditi yang dihasilkan oleh produk UKM setempat yang diserap oleh sektor pariwisata. Sebagian besar berupa produk creative,handycraf,souvenir yang menarik bagi wisatawan. Diharapkan sektor pariwisata Pangandaran dapat menjadi salah satu pendorong UKM untuk lebih berkembang.
Bertolak  dari hal tersebut di atas maka telah disusun desain pelatihan berkala selama hamper 1 (satu) tahun oleh team FS didampingi oleh OC sekaligus pendampingan yang di kelola oleh BDC Pangandaran yang menekankan materi pada pelatihan manajemen UKM. Diharapkan melalui perkembangan yang dinamis dari sektor pariwisata dapat mendorong UKM  untuk berkembang.ekonomi kreatif yang lebih menarik dan menantang (TS)





Berita Berita Bisnis dan UKM Lainnya
KADIN Pangandaran Menjaring Wirausaha Baru di Pangandaran, Ayo Mendaftar
KADIN Pangandaran Menjaring Wirausaha Baru di Pangandaran, Ayo Mendaftar
Jum'at, 15 April 2016 19:54 WIB
Pemerintah provinsi Jawa Barat berupaya secara bertahap mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui program dan kegiatan yang langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh semua pihak, hal ini berdasarkan visi pemerintah yang tercantum dalam rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJMD) tahun 2013-2018