Berita Berita BDC Pangandaran
BDC Pangandaran Ikuti Seminar Peluang Pasar Gula Semut dan Asap Cair

BDC Pangandaran Ikuti Seminar Peluang Pasar Gula Semut dan Asap Cair

BDC Pangandaran dalam salah satu programnya adalah mengembangkan produk gula merah menjadi gula kristal/gula semut. para peserta seminar datang dari hampir dari seluruh daerah di indonesia. dimana mereka berlatar belakang pengusah murni, peneliti, pemerintahan, dan juga kelembagaan. 

Dalam upaya mewujudkan berbagai rencana terkait program produksi gula semut tadi, BDC Pangandaran ikut serta dalam seminar tentang produksi gula semut yang Bertempat di LPP Yogyakarta pada tanggal 23-24 April 2016 lalu.

Didalamnya para peserta diberikan pemaparan tentang bagaimana standarisasi kualitas dalam pengolahan gula semut dan asap cair. dengan pembicara yang berkompeten dan juga sudah lama berkecimpung memberi banyak gambaran tentang pengolahan gula. 

Disana pula BDC pangandaran ditambah motivasi untuk ikut berkecimpung dalam usaha gula semut. hal ini didarasi bahwa permintaan dari luar negeri sangat besar, bahkan suplay gula semut belum dapat memenuhi permintaan. dalam segi harga pula gula semut lebih tinggi daripada cetak. 

Pada hari berikutnya peserta seminar diajak untuk melihat langsung proses pembuatan gula semut di skala perusahaan. dalam pengolahannyapun tidak lagi konvensional tetap sudah menggunakan alat yang lebih modern guna mengefektifkan pengerjaan.

Dengan gambaran diatas maka bukan suatu hal mustahil bahwa masyarakat dapat terangkat perekonomianya tanpa harus membuat produk baru tetapi dengan mengembangkan potensi yang sudah ada di Pangandaran.

Seminar Peluang Pasar Gula semut dan Asap Cair
Penyelenggara Majalah Trubus

Pengisi Materi :
Suplayer Gula semut skala eksport : Suparyono
Eksprtir Gula Semut : Ben Ripple
Pakar pengolahan Kelapa (Asap Cair) : Prof. Dr. Bambang Setiadji, MSc

Seminar dilakukan pada tanggal 23 - 24 april 2016
Bertempat di LPP Yogyakarta
 





Berita Berita BDC Pangandaran Lainnya
BDC Gelar Diskusi Tentang Optimasi Produk Unggulan
BDC Gelar Diskusi Tentang Optimasi Produk Unggulan
Jum'at, 06 Mei 2016 19:31 WIB
Business Development Centre (BDC) Kabupaten Pangandaran terus melakukan kegiatan, salah satunya adalah kegiatan diskusi ringan untuk mendiskusikan berbagai hal, beberapa waktu yang lalu BDC juga melakukan kegiatan yang sama dengan topik diskusi seputar optimasi produk unggulan daerah.
Ketua DPRD Tutup Pelatihan Pengelolaan Business Development Centre
Ketua DPRD Tutup Pelatihan Pengelolaan Business Development Centre
Sabtu, 27 Februari 2016 05:51 WIB
Setelah seluruh rangkaian acara pelantikan serta pelatihan Pengelolaan Business Development Centre Kabupaten Pangandaran, hari ini (28/02) Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, Iwan M Ridwan secara resmi menutup acara yang diselenggarakan di Hotel Sun Inn Pangandaran ini.
​BDC Kabupaten Pangandaran Kembangkan Produk UMKM
​BDC Kabupaten Pangandaran Kembangkan Produk UMKM
Sabtu, 27 Februari 2016 05:46 WIB
Business Development Center (BDC) Provinsi Jawa Barat menggelar pelatihan bagi pelak UMKM di lima Kabupaten/Kota di Jawa Barat, salah satunya di BDC Kabupaten Pangandaran. Pelatihan tersebut bertujuan supaya menambah nilai jual produk hasil UMKM dapat meningkat.
BDC Kabupaten Pangandaran dan Tasikmalaya Bedah Modul Bersama di Pangandaran
BDC Kabupaten Pangandaran dan Tasikmalaya Bedah Modul Bersama di Pangandaran
Jum'at, 26 Februari 2016 16:42 WIB
Business Development Centre (BDC) Kabupaten Pangandaran bersama dengan BDC KotaTasikmalaya melakukan bedah modul disalah satu hotel di Pangandaran. Bedah modul ini dilaksanakan guna mendalami lebih lanjut tentang program BDC yang merupakan program dari kementerian Pekerjaan Umum.